Bimbingan Konseling Islam (BKI)

VISI DAN MISI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM

VISI

Unggul  dalam Pengkajian dan Pengembangan Keilmuan bimbingan dan konseling Islam 2037

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dibidang Bimbingan dan Konseling Islam untuk menghasilkan sarjana yang berkualitas, profesional dan berakhlak mulia.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling Islam, Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran.
  3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang bimbingan dan konseling baik di satuan pendidikan sekolah, madrasah dan pesantren serta lembaga-lembaga kemasyarakatan seperti panti sosial, rumah sakit, lembaga pemasyarakatan dan lembaga kesejahteraan masyarakat lainnya.
  4. Menyelenggarakankerjasamadenganberbagaipihak dibidang Bimbingan dan Konseling Islamuntukmengoptimalkanpelaksanaan Tridharmaperguruantinggi. 

TUJUAN

 Secara umum sasaran prodi adalah terciptanya sarjana yang unggul dan kompetitif di bidang Bimbingan dan   Konseling Islam. Adapun sasaran khusus prodi adalah:

  1. Mahasiswa menguasai berbagai macam konsep ilmu yang berkaitan dengan psikologi, keluarga, sosial dan juga konseling untuk digunakan dalam menguraikan masalah yang dihadapi oleh masyarakat secara luas, keluarga dan anak
  2. Mahasiswa menguasai berbagai macam teori konseling untuk digunakan dalam proses konseling
  3. Mahasiswa menguasai pengetahuan mengevaluasi untuk keefektifan dan keefisien proses konseling
  4. Mahasiswa menguasai pengetahuan memahami individu yang digunakan untuk memilih penanganan yang tepat dalam proses konseling dan menerapkan nonharmful procedure
  5. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menyelenggarakan konseling yang bermartabat
  6. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas konseling
  7. Mahasiswa memiliki kemampuan untuk menguasai pemilihan teori konseling yang digunakan guna keefektifan konseling yang berlangsung
  8. Mahasiswa memiliki kemampuan melakukan proses konseling baik secara individual maupun kelompok.

 PROSPEK KERJA

 Konselor

  1. Penyuluh keagamaan dan kemasyarakatan
  2. Peneliti
  3. Motivator, fasilitator, trainer
  4. PNS
  5. Pekerja Sosial

  Gelar: Sarjana Sosial (S.Sos)